PROFIL PERPUSTAKAAN SMP 3 BOJONG
KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH
A. LATAR BELAKANG
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional dinyatakan bahwa Nasional berfunfsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dan bertujuan untuk berkembangnya potensi pererta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Khususnya pada pasal 23 Undang-undang nomwe 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional menyebutkan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Secara implisit perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan.
Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut setiap satuan pendidikan dituntut mampu mengoptimalkan perpustakaan sebagai sumber belajar bagi peserta pendidik maupun pendidik. Artinya pengelolaan perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai penyedia bacaan, melainkan perlu pengembangan yang mengikuti irama kebutuhan sumber belajar dan para penggunanya.
Sedangkan dalam undang-undang nomer 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dinyatakan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara professional dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka.
Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran perpustakaan SMP3 Bojong, perlu diperhatikan hal-hal antara lain:
a. Kondisi gedung/ruang perpustakaan.
b. Petugas pengelola / Sumber Daya Manusia.
c. Bahan koleksi dan pengolahannya.
d. Sumber dana.
Dengan didukung gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handal akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.
Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Selain untuk mengaktualisasi Undang-Undang nomer 43 tahun 2007 pasal 23tersebut, Perpustakaan Sekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.
C. FUNGSI PERPUSTAKAAN
Sebagaimana tersurat dalam Undang-Undang nomer 43 tahun 2007 pasal 23 perpustakaan sekolah juga mengembangkan fungsi yang sangat strategis sebagai berikut :
1. Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.
2. Sebagai pusat penelitian sederhana.
3. sebagai pusat sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.
4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik.,
5. Sebagai Tempat Rekreasi
6. Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informati (PUSDOKINFO)
7. Sebagai wahana pembentukan karakter bangsa khususnya budaya gemar membaca.
D. VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN SMP 3 BOJONG
1. Visi Perpustakaan SMP 3 Bojog adalah:
TERWUJUDNYA BUDAYA BACA TANPA PAKSAAN
2. Misi Perpustakaan SMP Negeri 3 Bojong adalah:
- Memberikan layanan kepada warga sekolah
- Menanamkan budaya baca kepada warga sekolah
- Menciptakan suasana belajar yang nyaman
- Memanfaatkan perpustakaan sebagai media informasi
E. SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN
1. KEDUDUKAN PERPUSTAKAAN SMP 3 BOJONG
Keberadaan Perpustakaan SMP Negeri 3 Bojong seiring dengan berdirinya SMP 3 Bojong sejak tanggal 23 Agustus 1993, dan termasuk ke dalam jenis Perpustakaan Sekolah yang statusnya telah diakui dengan NSS :201032611042
Organisasi Perpustakaan SMP 3 Bojong berada dibawah Pembinaan Kepala Sekolah dengan seorang Kepala Urusan sebagai Penanggungjawabnya. Adapun dalam kegiatan oprasionalnya dibantu oleh seorang petugas perpustakaan.
Perpustakaan SMP 3 Bojong melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk seluruh warga sekolah: tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
2. SARANA PRASARANA
Perpustakaan SMP 3 Bojong telah mempunyai sarana prasarana pendukung yang cukup memadai untuk keberadaan sebuah Perpustakaan Sekolah. Namun masih harus ditingkatkan sehingga menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.
1. Sarana Prasarana tersebut adalah :
No.
|
Jenis
|
Vol
|
1
|
Gedung / ruangan
|
1 Unit
|
2
|
Luas bangunan
|
84 m2
|
3
|
Luas ruang pelayanan
a. Ruang koleksi / Referensi
b. Ruang baca
c. Ruang layanan sirkulasi
d. Ruang administrasi / pengolah bahan
f. Ruang Gudang / Arsip
|
65 m2
18 m2
21 m2
8 m2
9 m2
9 m2
|
4
|
Kapasitas Pengunjung
|
30 orang
|
2. Peralatan / perlengkapan
No.
|
Jenis
|
Vol
|
Jumlah
|
Standar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
|
Meja Sirkulasi / Layanan
Rak Penitipan Tas / Locker
Rak Buku satu muka
Rak Buku dua muka
Rak Majalah
Rak Koran
Meja Baca
Kursi Baca
Meja Baca Perorangan /Study Currel
Meja kerja Petugas
Almari Katalog
Rak Atlas
Papan Display Buku Baru
Almari Referensi
Almari Perpustakaan
Filing Kabinet
Papan Pengumuman
Mesin Ketik
Komputer
TV
CD Player
VCD CTL Program Pendidikan
Tape Recorder
Speker Active
Kipas Angin
Stempel Perpustakaan
Stempel buku sumbangan
Stempel Inventaris
Stempel tanggal
|
Ada
Tidak
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Tidak
Ada
Ada
Ada
Tidak
Ada
Ada
Tidak
Tidak
Ada
Ada
ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
ada
Ada
|
1
0
3
2
1
1
13
14
0
2
1
1
0
2
1
0
0
1
3
1
1
1
1
1
1
2
1
1
1
|
3 buah
3 buah
3 buah
3 buah
1 buah
1 buah
13 buah
14 buah
12 buah
2 buah
1 buah
1 buah
1 buah
3 buah
3 buah
1 buah
1 buah
1 buah
3 buah
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
1 unit
4 buah
2 buah
1 buah
1 buah
4 buah
|
3. Kelengkapan Administrasi
No.
|
Jenis
|
Vol
|
Jumlah
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
Buku Pengunjung
Buku Peminjaman
Buku Tamu
Buku Induk Perpustakaan
Buku Klasifikasi DDC
Buku Daftar Tajuk Subyek
Papan Statistik
Kartu Anggota / Peminjaman
Label Buku
Kartu Buku
Kantong Kartu Buku
Lembar Tanggal Kembali/Kendali
|
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
|
6
1
1
2
2
2
1
585
2558
2558
2558
2558
|
3. KOLEKSI
DATA KOLEKSI PERPUSTAKAAN
NO
|
JENIS KOLEKSI
|
JUMLAH JUDUL
|
JUMLAH (EKS)
|
1
|
BUKU FIKSI
|
160
|
320
|
2
|
BUKU NON FIKSI
|
874
|
1758
|
3
|
BUKU REFERENSI
|
130
|
260
|
JUMLAH KOLEKSI
|
1164
|
2558
| |
4
|
BUKU PAKET
|
29
|
4350
|
5
|
SURAT KABAR / TABLOID
|
3
|
3
|
6
|
MAJALAH
|
1
|
150
|
7
|
KLIPING
|
26
|
26
|
8
|
KARYA TULIS
|
3
|
90
|
JUMLAH KOLEKSI LAIN
|
192
|
4619
| |
JUMLAH KESELURUHAN
|
1356
|
7177
|
KOLEKSI BUKAN BUKU
NO
|
JENIS KOLEKSI
|
JUMLAH JUDUL
|
JUMLAH (EKS)
|
KARTOGRAFI
| |||
1
|
PETA
|
12
|
36
|
2
|
GLOBE
|
3
|
3
|
3
|
PERAGA PENDIDIKAN
|
3
|
39
|
JUMLAH KOLEKSI
|
16
|
75
| |
NON BOOK MATERIAL
| |||
5
|
CASSETE
|
2
|
65
|
6
|
VIDEO CASSETE
|
14
|
14
|
JUMLAH KOLEKSI LAIN
|
16
|
79
|
F. PERSONALIA DAN TUGAS PERSONALIA
1. PERSONALIA
Untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dan tercapainya tujuan dan fungsi Perpustakaan Sekolah khususnya Tujuan dan Fungsi Perpustakaan SMP 3 Bojong, maka pengelola perpustakaan dibagi sebagai berikut :
1. Pembina / Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
2. Kepala Urusan Perpustakaan: Waginah Dwi Nuryaningsih, S.Pd.
3. Petugas Perpustakaan: Risbiyanto
Untuk Struktur Organisasi Perpustakaan dan SK Pengelola Perpustakaan terlampir.
2. TUGAS PERSONALIA
1. Pembina / Penanggung Jawab :
a. Bertanggung jawab secara umum agar Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang 43 Tahun 2007 Pasal 23 tentang Perpustakaan/madrasah.
b. Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan Skill petugas perpustakaan.
c. Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :
Ø Perbaikan sarana / ruang Perpustakaan.
Ø Menambah Koleksi buku-buku Perpustakaan.
Ø Meningkatkan Kesejahteraan Petugas Perpustakaan.
2. Kepala Urusan Perpustakaan :
a. Sebagai Kepala Urusan Perpustakaan bertugas :
Ø Membuat Program Perpustakaan baik jangka pendek, menengah dan
jangka
panjang.
Ø Mengadakan kerjasama dengan Pustakaan Umum baik Kabupaten,
Propinsi
atau nasional dan Perpustakaan Sekolah lainnya.
Ø Membuat Laporan Penanggungjawaban Pelaksanaan Perpustakaan setiap
tahunnya.
b. Sebagai Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :
Ø Menyusun rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.
Ø Mengadakan pembelian bahan-bahan pustaka.
Ø Mengajukan permohonan penambahan buku baik ke perpustakaan
maupun dinas pendidikan.
c. Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :
Ø Membuat Buku Induk Perpustakaan.
Ø Mengklasifikasi Bahan Pustaka.
Ø Membuat katalogisasi Bahan Pustaka.
Ø Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang Dipinjam.
Ø Membuat Pelayanan Informasi.
3. Bagian Pelayanan :
a. Melayani pengguna Perpustakaan baik peminjam / pengunjung / pembaca perpustakaan.
b. Menyusun bahan pustaka agar sesuai dengan kelasnya.
c. Menghitung jumlah Pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.
d. Mendata keluar masuknya Koran / Majalah.
e. Membuat Buku Induk Anggota.
f. Menyusun Buku sesuai dengan Klasifikasinya.
g. Pengecapan, penyampulan buku Perpustakaan.
h. Merapikan dan membersihkan ruang Perpustakaan.
i. Membantu bagian Pelayanan.
4. Kerja Rutin Harian :
a. Memberi stempel pada buku-buku yang baru.
b. Mengklasifikasi buku.
c. Memasang Label Buku.
d. Memasang kantong buku dan kartu buku.
e. Memasang Slip Pengembalian.
f. Memasang sampul buku.
g. Menginventarisasikan di Buku Induk.
h. Mengisi Buku Pengolahan Katalogisasi Deskripsi.
i. Membuat Katalogisasi.
j. Memasukaan buku pada rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.
k. Mencatat Statistik Harian.
l. Melayani Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.
m. Merawat buku-buku yang rusak dan penjilidan.
n. Mengarsip Karya Tulis siswa.
o. Mengarsip Kliping Siswa.
G. DATA STATISTIK PERPUSATAKAAN SMP 3 BOJONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
1. Data Pengunjung Dalam 3 Tahun Terakhir.
Bulan |
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
|
Juli
|
483
|
502
|
177
|
Agustus
|
899
|
579
|
125
|
September
|
319
|
726
|
479
|
Oktober
|
832
|
996
|
274
|
Nopember
|
1103
|
888
|
294
|
Desember
|
201
|
676
|
260
|
Januari
|
568
|
880
|
431
|
Pebruari
|
754
|
1064
|
378
|
Maret
|
798
|
975
|
239
|
April
|
493
|
812
|
521
|
Mei
|
320
|
579
|
590
|
Juni
|
162
|
195
|
160
|
Jumlah
|
6932
|
8872
|
3928
|
B. Data Peminjam Dalam 3 Tahun Terakhir
Bulan |
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
|
Juli
|
38
|
150
|
11
|
Agustus
|
76
|
249
|
33
|
September
|
51
|
204
|
86
|
Oktober
|
116
|
190
|
50
|
Nopember
|
131
|
327
|
54
|
Desember
|
66
|
361
|
53
|
Januari
|
37
|
184
|
56
|
Pebruari
|
116
|
221
|
57
|
Maret
|
102
|
163
|
28
|
April
|
68
|
150
|
147
|
Mei
|
50
|
171
|
126
|
Juni
|
26
|
-
|
33
|
Jumlah
|
877
|
2370
|
734
|
C. Data Anggota Perpustakaan 3 tahun terakhir
TAHUN PELAJARAN
| |||
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
| |
SISWA
|
488
|
506
|
516
|
KELAS VII
|
152
|
164
|
178
|
KELAS VIII
|
170
|
159
|
177
|
KELAS IX
|
166
|
183
|
161
|
GURU
|
24
|
23
|
21
|
KARYAWAN
|
14
|
14
|
14
|
JUMLAH
|
526
|
543
|
511
|
FOTO-FOTO PERPUSTAKAAN SMP 3 BOJONG
Gedung Perpustakaan SMP 3 Bojong
Ruang Baca
Pelayanan Pengunjung
Koleksi Kartografi : Peta, 2 Unit computer terkoneksi internet
kangen smp
BalasHapusKangen smp
BalasHapus